Sabtu, 05 Juni 2010

Memulai dengan Tulang Lunak

Oleh Godi Rangga Budi Anshary

Mereka memanggilnya Ahmad, mahasiswa D3 MKS sangat gemar dengan ekonomi berbasis syariah, hingga ia pun mencoba untuk praktek lapangan di masa kuliahnya itu.

Beberapa bulan yang lalu ia mulai berbisnis dengan makanan, yang sekarang digelutinya ialah Ayam Tulang Lunak (ATL), walau masih bersifat Franchising atau memakai produk orang lain, namun ia optimis kalau bisnis tersebut akan sukses. Karena statusnya sebagai mahasiswa maka ia memilih mahasiswa sebagai target market pilihannya. Menilik strata mahasiswa yang selalu dinamis ditambah lagi kekuatan yang dimilikinya yaitu dari makanannya sendiri yang memiliki banyak kelebihan, disebut makanan restoran atau menengah ke atas yang disajikan dengan harga yang mampu diserap setiap elemen masyarakat.

2009 frontlinenya memang ayam tulang lunak terjangkau dan memiliki banyak kelebihan, mulai dari rasa, pengemasan, dan yang paling penting gizinya terjaga apik. Ditunjang dengan tempatnya yang strategis yaitu di depan Salon El Twenty di jalan AH Nasution yang sangat dekat kostan mahasiswa UIN dan lalu lalangnya masyarakat setempat.

Perjalanan bisnisnya yang telah jalan selama tiga bulan memang banyak lika-liku terutama pada perjalanan akademiknya, “Awalnya mah mengganggu banget, sekarang juga sekarang juga masih mengganggu” ujarnya.

Walaupun ayahnya tidak merestui sepenuhnya, namun niatnya tetap berjalan hingga tiga bulan ini ia telah membuat lapangan kerja bagi seorang mahasiswa, kalau pada awalnya ia sebagai pengelola di kedainya sehingga “Setiap jam 12 yang dipikirin cuma ayam, tenda, dan nasi” ujarnya mengingat sewaktu masih menjalankan kedainya namun ia kini berjalan sebagai pengawas dan investor.

Walau ia mengaku belum mengalami keuntungan yang berarti dan masih dalam masa penjajakan pasar, ia sangat bersyukur dengan usahanya, “Bertahan pun sudah Alhamdulillah” tegasnya.

Untuk terakhir kalinya ia berpesan “Berusahalah, perjuangan memang sulit,” pesannya, sekarang siapa lagi yang berminat menjadi wira usahawan muda kampus UIN selanjutnya? []godi

*dibuat untuk majalah SUAKA, tahun garapan 2009, namun tidak jadi terbit dikarenakan beberapa hal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar